ASI Anda Tidak Lancar? Mungkin ini Penyebabnya!

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Bahkan ahli kesehatan merekomendasikan agar ibu memberikan ASI eksklusif kepada bayi hingga usia enam bulan.

Agen Bandarq

Tapi sayangnya tidak semua ibu bisa memproduksi ASI dengan baik. Ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi. Untuk lebih jelasnya baca penjelasan berikut ini!

1. Jaringan kelenjar lemah
Ada berbagai alasan mengapa payudara wanita tidak berkembang secara normal, yang berarti bahwa mereka mungkin tidak memiliki banyak kelenjar pembuat susu. Untuk wanita normal, kelenjar susu berkembang selama periode kehamilan dan menyusui bayi akan merangsang pertumbuhannya. Untuk mengatasi masalah dengan jaringan kelenjar yang tidak memadai, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat. Dalam beberapa kasus, memompa juga bisa memberikan bantuan.

2. Masalah hormon
Penyakit tiroid, penderita diabetes, hipertensi, sindrom ovarium polikistik atau masalah hormonal lainnya bisa menghambat produksi ASI. Dalam kasus seperti itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengendalikan hormon Anda.

3. Operasi payudara
Operasi payudara yang dilakukan sebelumnya, terlepas dari alasan medis atau kosmetik dapat mempengaruhi atau mengurangi pasokan ASI Anda. Intensitas operasi payudara mempengaruhi suplai ASI Anda tergantung pada berbagai faktor seperti waktu yang dilewatkan antara operasi dan Anda melahirkan, jenis prosedur bedah, dll.

KLICK TULISAN MIRING DI SAMPING INI UNTUK MASUK KEDALAM SITUS JUDI POKER ONLINE TERPERCAYA CROWNQQ  :  AGEN BANDARQ

4. Penggunaan kontrasepsi
Untuk beberapa wanita menyusui, penggunaan pil KB dapat mengurangi suplai ASI. Jika Anda ingin menggunakan kontrasepsi selama menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau bidan terlebih dahulu.

5. Obat tertentu
Bahan kimia yang ditemukan dalam obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi suplai ASI. Misalnya, sebagian besar obat flu mengandung pseudoephredine yang telah dikaitkan dengan pengurangan produksi air susu. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda untuk pengobatan alternatif dalam kasus seperti itu.

6. Kemampuan mengisap bayi
Si kecil mungkin sulit mengisap ASI dari payudara. Beberapa bayi kesulitan mengeluarkan susu karena selaput tipis jaringan di bagian bawah mulutnya mengikat lidah terlalu kencang. Sementara, proses menghisap anak adalah menggunakan lidah untuk mengompres payudara sehingga susu didorong ke dalam mulutnya. Jika Anda merasa bahwa bayi Anda tidak bisa menghisap dengan baik, segera periksakan ke dokter anak. Bibir sumbing pada bayi juga dapat mengurangi kemampuan ekstraksi susu mereka.

7. Tidak makan malam
Tidak makan malam dapat menurunkan tingkat prolaktin atau hormon yang bertanggung jawab untuk memberi sinyal pada payudara untuk memproduksi susu. Ini akan membuat payudara Anda menghasilkan lebih sedikit susu.

8. Menjadwalkan pemberian susu
Tingkat produksi susu didasarkan pada seberapa penuh atau kosongnya susu tersebut. Ketika masih penuh, maka payudara menghasilkan lebih sedikit susu, begitu pun sebaliknya. Jika Anda menjadwalkan pemberian susu pada bayi Anda, maka jumlah susu bisa tersimpan dalam payudara Anda, sehingga membuat tubuh Anda memperlambat produksi susu. Untuk mengatasi masalah ini, Anda disarankan memberi makan bayi Anda sesuai permintaan si kecil