6 Gelas Kopi Sehari Bikin Panjang Umur?

Berita Kesehatan – Barangkali, ini kabar baik bagi Anda pecinta kopi. Sebuah penelitian yang dilakukan selama satu dekade kembali mengungkap manfaat kopi bagi kesehatan. Jika selama ini kopi dianggap berefek negatif karena kandungan kafein didalamnya, maka sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA ini justru menganjurkan orang untuk minum kopi 6-7 gelas sehari karena dapat membuat seseorang panjang umur.

Agen Bandarq

Temuan ini didapat setelah para peneliti menganalisis data dari setengah juta orang dewasa di Inggris berusia 38-73 tahun selama kurun waktu 10 tahun. Dan dalam waktu tersebut, sebanyak 14.225 peserta meninggal karena berbagai penyebab termasuk kanker dan penyakit jantung.\

Dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi, mereka yang memiliki kebiasaan menyeruput 6-7 cangkir kopi sehari memiliki risiko kematian 16 persen lebih rendah. Angka ini bahkan turun menjadi 14 persen bagi mereka yang mengonsumsi delapan atau lebih cangkir setiap hari.

“Sementara orang yang minum 2 hingga 3 cangkir per hari berisiko sekitar 12 persen lebih rendah mengalami kematian lebih dini dibandingkan dengan non peminum kopi,” kata peneliti, Erikka Loftfield, dari National Cancer Institute.

Jenis dan jumlah kopi yang dikonsumsi tampaknya tidak membuat perbedaan, baik itu berkafein atau tanpa kafein, apakah itu instan atau diseduh, apakah itu dua cangkir atau delapan. Inti dari penelitian ini, mereka yang memiliki kebiasaan mengonsumsi kopi berisiko mengalami kematian yang lebih rendah.

KLICK TULISAN MIRING DI SAMPING INI UNTUK MASUK KEDALAM SITUS JUDI POKER ONLINE TERPERCAYA CROWNQQ  :  AGEN BANDARQ

“Mereka yang minum satu sampai tiga cangkir kopi per hari cenderung lebih panjang umur dan lebih mungkin melaporkan kondisi kesehatan sangat baik,” ujar peneliti.

Kafein mungkin bukan alasan di balik manfaat peningkatan harapan hidup para penikmat kopi. Sebelumnya, berbagai penelitian juga telah menunjukkan bahwa zat di dalam kopi dapat mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi jantung, dan mengurangi risiko diabetes.

“Kami meyakini senyawa kaya polifenol-seperti antioksidan dalam kopi sangat berperan dalam meningkatkan kesehatan seseorang,” ujar Christopher Gardner dari Pusat Penelitian Pencegahan Stanford.

Dia juga mencatat bahwa menyeruput kopi sering menjadi salah satu momen paling santai dalam sehari, yang dapat berkontribusi untuk menghilangkan stres.

Meski kopi terbukti menyehatkan, Anda tetap harus membatasi tambahan krim, gula, dan pemanis buatan ke dalamnya. Selain itu, mengonsumsi lebih dari dua cangkir sehari tidak disarankan untuk kelompok rentan seperti ibu hamil.