Ini Penyebab Hidung Mudah Meler Saat Suhu Dingin

Berita Kesehatan – Belakangan ini ramai pembahasan tentang suhu udara yang cukup dingin dan menggigil di beberapa daerah. Tak hanya membuat kita harus memakai jaket atau pakaian tebal, banyak orang yang mengeluhkan hidung yang menjadi mudah meler. Sebenarnya, apa sih penyebab dari hid yang mudah meler saat suhu dingin?

Agen Bandarq

Pakar kesehatan dr. David King dari The University of Queensland, Australia menyebutkan bahwa hal ini memang wajar terjadi. Hal ini disebabkan oleh hidung kita yang memiliki mekanisme unik yang mampu membuat udara yang kita hisap memasuki paru-paru dengan suhu dan kelembaban yang cenderung sama meskipun saat itu suhu udara sangat panas ataupun sangat dingin. Setelah melewati hidung, udara yang memasuki tenggorokan dan paru-paru memiliki suhu sekitar 26 hingga 30 derajat celcius.

Jika suhu udara lebih dingin dari biasanya, maka saraf yang ada pada hidung pun akan terstimulasi dan kemudian mengirimkan sinyal ke otak agar melebarkan pembuluh darah di sekitar hidung. Hal ini bertujuan untuk membuat saluran udara menyempit dan membuatnya menjadi lebih hangat. Sayangnya, hal ini akan membuat produksi lendir hidung menjadi semakin banyak.

Udara dingin, apalagi yang kering juga akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang ada di sekitar hidung. Sel-sel imun akan membuat hidung memproduksi cairan dengan lebih banyak agar udara yang masuk menjadi lebih lembab. Jumlah cairan pada hidung yang dibutuhkan untuk proses ini bisa mencapai 300 hingga 400 ml.

Kombinasi dari berbagai proses inilah yang kemudian membuat hidung kita menjadi mudah meler tatkala suhu udara sedang sangat dingin meskipun kita berada dalam kondisi sehat dan sedang tidak terkena flu.

KLICK TULISAN MIRING DI SAMPING INI UNTUK MASUK KEDALAM SITUS JUDI POKER ONLINE TERPERCAYA CROWNQQ  :  AGEN BANDARQ

Dilansir laman Doktersehat, melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita menyiapkan saputangan atau tisu dekat dengan tempat kita beraktivitas agar bisa dipakai untuk membersihkan hidung.