Sudah Idealkah Waktu Tidur Anda Selama Ini?

Sebuah artikel dalam jurnal dari National Sleep Foundation merekomendasikan usia dewasa muda (18–25 tahun) dan usia dewasa (26–64 tahun) untuk tidur 7–9 jam per hari, atau setidaknya tidak kurang dari 6 jam per hari. Sedangkan untuk usia di atas 64 tahun, waktu tidur yang dianjurkan adalah 7–8 jam per hari.

Agen Bandarq

Tidur adalah aktivitas yang sangat krusial untuk manusia. Pada saat tidur, sel-sel akan memperbaiki diri sehingga tubuh siap kembali menghadapi kegiatan esok hari. Secara psikis, pola tidur yang baik dapat mengurangi stres dan menjaga konsentrasi serta ketelitian, termasuk menjaga fungsi memori dan sistem kekebalan tubuh tetap baik.

“Hormon yang dilepaskan dari tubuh ketika tidur juga berguna dalam mengatur nafsu makan. Inilah yang membuat orang yang kurang tidur makan lebih banyak daripada mereka yang tidurnya cukup,” ujar dr Vito A Damay dari KlikDokter.

Pola tidur yang teratur sangat baik untuk siklus bioritmik tubuh. Dengan ini, tubuh akan terbiasa dengan siklus yang tetap, sehingga dapat mengeluarkan hormon sesuai dengan aktivitas yang dilakukan.

“Sedangkan pola tidur yang tidak teratur akan membuat pengeluaran hormon dari dalam tubuh menjadi kacau. Hal ini membuat Anda stres, mengantuk di waktu yang tidak diinginkan, dan dalam jangka panjang memicu tekanan darah tinggi,” kata dr. Vito.

KLICK TULISAN MIRING DI SAMPING INI UNTUK MASUK KEDALAM SITUS JUDI POKER ONLINE TERPERCAYA CROWNQQ  :  AGEN BANDARQ

Namun, untuk beberapa orang dewasa, tidur menjadi hal yang paling sulit untuk dilakukan. Apa benar waktu tidur makin berkurang seiring bertambahnya usia? Berikut penjelasannya dilansir TIME.

Pada dasarnya, kebutuhan dan kemampuan seseorang untuk tidur adalah dua hal yang berbeda, demikian kata Michael Grandner, direktur Sleep and Health Research Center di University of Arizona College of Medicine. Ia juga percaya bahwa kemampuan tidur seseorang menurun seiring bertambahnya usia.

“Banyak orang menganggap bahwa ketidakmampuan mereka untuk tidur nyenyak atau untuk waktu yang lama adalah tanda bahwa mereka tidak perlu banyak istirahat, tapi itu tidak benar. Contohnya beberapa orang berjuang untuk melakukan aktivitas fisik, tetapi itu tidak berarti olahraga menjadi kurang penting, kan?” jelasnya.

Jadi berapa banyak tidur yang harus dilakukan oleh orang paruh baya dan orang dewasa untuk kesehatan yang optimal? Hal tersebut konon tidak bisa dipastikan secara jelas.

“Untuk rata-rata, cobalah tidur selama tujuh atau delapan jam. Tetapi pasti ada orang-orang yang membutuhkan lebih banyak atau lebih sedikit dari itu,” jawab Grandner.

Max Hirshkowitz, profesor di Baylor College of Medicine dan mantan direktur National Sleep Foundation, mengatakan ada bukti medis bahwa tidur delapan atau sembilan jam bisa membantu performa tubuh dan otak. “Tapi untuk kesehatan secara umum, kebanyakan orang dewasa butuh tujuh jam, bisa kurang atau lebih sejam tergantung orangnya. Jika Anda tidur enam jam atau kurang, ini mungkin tidak cukup,” katanya.

Bagaimana jika benar-benar tidak bisa tidur cukup setiap malam? Hirshkowitz mengatakan, Anda bisa ambil waktu tidur siang, kira-kira 40 menit atau kurang.

Berdasarkan anjuran dr. Vito, untuk menciptakan pola tidur yang baik, Anda perlu terlebih dahulu mendapatkan tidur yang berkulitas. Berikut kiatnya:

Persiapkan diri
Agar tidur lebih berkualitas, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan diri untuk tidur. Ini berarti Anda harus membatasi segala aktivitas, salah satunya memegang gawai, saat masuk waktu tidur.

Minum segelas susu hangat
Segelas susu hangat sebelum tidur dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Tapi ingatlah untuk memilih susu tanpa lemak dan gula.

Kondisikan diri dan kamar tidur
Pastikan Anda menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman untuk tidur. Matikan lampu atau buatlah suasana kamar tidur Anda lebih teduh. Usahakan suhu ruangan sejuk atau tidak terlalu panas.

Hindari beberapa makanan atau minuman
Pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan berat, kopi atau teh sebelum tidur. Jika memungkinkan, sebaiknya hindari juga berolahraga di malam hari.

Intinya, waktu tidur yang cukup setiap harinya sangat penting, seiring bertambahnya usia. Jika Anda memiliki insomnia atau merasa tidak nyaman karena kurang tidur setiap hari, periksakan diri ke dokter. Tapi Anda tidak perlu cemas berlebihan jika semalam kurang tidur. “Tidak akan membunuh Anda,” kata Gardner,
“Jika beberapa malam Anda bisa tidur tujuh atau delapan jam dan malam lainnya hanya enam jam. Tidak apa-apa kok.”