Fakta Nutrisi Tunas Bambu dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Bambu adalah tumbuhan yang keras dan gatal. Tapi tunasnya, yang dikenal sebagai rebung bisa dikonsumsi, dan memiliki rasa yang lezat serta manfaat mengesankan untuk kesehatan.

Agen Bandarq

Selain di Indonesia, rebung juga dikonsumsi di banyak negara Asia seperti China, Korea, Jepang, Taiwan, Thailand, Filipina, Nepal, dan India.

Manfaat tentang makan rebung bisa ditemukan dalam literatur China dari dinasti Tang (618 AD-907AD). Ini mungkin adalah catatan tertulis pertama tentang tunas-tunas ini dalam sejarah manusia.

Kitab penting lainnya yang berasal dari dinasti Ming (1368 hingga 1644 M) juga menyebutkan manfaat obat dan manfaat lain dari rebung. Di Jepang, mereka dianggap sebagai “Raja Sayuran Hutan”.

Fakta nutrisi dari rebung
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nirmala Chongtham, Madho Singh Bhisht dan Sheena Haorongbam dari Universitas Punjab di Chandigarh, India, rebung kaya akan berbagai komponen seperti protein, karbohidrat, mineral, dan serat, serta rendah lemak dan gula.

KLICK TULISAN MIRING DI SAMPING INI UNTUK MASUK KEDALAM SITUS JUDI POKER ONLINE TERPERCAYA CROWNQQ  :  AGEN BANDARQ

Rebung juga dikenal sangat rendah kalori. Satu porsi 100 gram rebung hanya mengandung 20 kalori. Juga, karbohidrat yang ditemukan di dalamnya tidak lebih dari 3-4 gram per 100 gram.

Satu porsi 100 gram rebung mengandung kurang dari 0,49 gram lemak. Lemak ini terdiri dari lemak jenuh dan tak jenuh. Lemak tidak jenuh dibutuhkan oleh tubuh karena mereka mengontrol penyebaran kolesterol jahat ke seluruh tubuh.

Satu porsi 100 gram rebung memiliki sekitar 2 hingga 2,5 gram protein. Protein yang ditemukan dalam bambu terdiri dari tujuh belas asam amino esensial dan dua asam amino semi- esensial.

Rebung juga mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, thiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan pantotenat. Mineral yang ditemukan di dalamnya termasuk kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, selenium dan zat besi.

Dengan semua nutrisi ini, rebung memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, termasuk membantu penurunan berat badan, menyeimbangkan kadar kolesterol, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini juga memiliki sifat-sifat anti kanker dan antiperadangan.

Namun, sebelum memasak rebung segar, sangat dianjurkan untuk merebusnya sebagian atau merendamnya dalam air semalam, karena beberapa spesies mungkin mengandung sianida, yang dapat dihilangkan dengan salah satu dari proses ini.