Hai Ladis! Ini 6 Bahaya yang Mengintai Ketika Tidur Pakai Make Up

Memakai make up untuk mendapatkan penampilan yang lebih menarik, tidak ada salahnya. Bahkan bagi sebagian orang, make up sudah menjadi keharusan dan juga kebutuhan sehari-hari.

Agen Bandarq

Sayangnya kebiasaan menggunakan make up setiap hari ini terkadang tidak dibarengi dengan ketelatenan untuk membersihkan wajah hingga tuntas.

Setelah beraktivitas seharian, kita sering kali lupa atau bahkan malas untuk membersihkan make up wajah. Alhasil kita pun tidur dengan masih menggunakan makeup lengkap. Kebiasaan tidur dengan menggunakan make up ternyata berbahaya untuk kulit.

Doktersehat mengingatkan, hindari tidur dengan make up jika Anda tidak ingin 6 hal ini terjadi pada kulit Anda!

Berikut bahaya menggunakan make up saat tidur
1. Bulu Mata Rontok
Bahaya tidur tanpa membersihkan make up wajah yang pertama adalah dapat menyebabkan kerontokan pada bulu mata. Tidak menghapus maskara sebelum tidur bisa membuat bulu mata Anda jadi menjadi lebih rapuh. Bulu mata yang rapuh ini kemudian akan mudah rontok ketika Anda membersihkan make up di pagi hari atau ketika Anda mengaplikasikan maskara di hari selanjutnya.

KLICK TULISAN MIRING DI SAMPING INI UNTUK MASUK KEDALAM SITUS JUDI POKER ONLINE TERPERCAYA CROWNQQ  :  AGEN BANDARQ

2. Bibir Kering dan Menghitam
Selain membuat bulu mata rontok, tidak membersihkan makeup ketika tidur juga akan membuat bibir kering dan menghitam. Permukaan bibir yang tertutup oleh lipstik membuatnya tidak bisa bernafas, sehingga bibir tidak terhidrasi dengan baik.

Selain wajib membersihkan lipstik, Anda juga sebaiknya merawat bibir dengan lip balm atau lip butter, karena pada dasarnya kebanyakan lipstik bersifat membuat bibir cenderung lebih kering.

3. Pori-pori Tersumbat
Sama halnya seperti pada bagian bibir, bagian wajah lainnya juga tidak bisa bernafas dan pori-porinya akan tersumbat jika tertutup oleh make up. Penyumbatan pori-pori ini jelas akan menyababkan masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Belum lagi ditambah dengan adanya debu dan sisa polusi yang sudah menempel dengan di wajah, tentunya perkembangan bakteri penyebab jerawat akan lebih cepat terjadi.

4. Proses Regenerasi Kulit Terhambat
Waktu tidur adalah waktunya kulit beregenerasi. Ketika kulit wajah tertutup makeup dan tidak bisa bernafas, tentunya proses regenerasi juga akan terhambat. Terhambatnya proses regenerasi kulit akan menimbulkan berbagai masalah wajah lainnya. Sel-sel kulit yang tidak dapat bekerja dengan baik, produksi zat-zat penting untuk kulit seperti kolagen juga berkurang.

Kolagen berperan penting untuk menjaga kekencangan kulit. Kerurangan kolagen akan memicu munculnya garis halus dan juga tanda-tanda penuaan lainnya serta membuat kulit jadi terlihat lebih kusam.

5. Iritasi
Tidur menggunakan make up juga bisa memicu berbagai iritasi. Salah satunya adalah iritasi mata akibat partikel dari make up mata yang tidak dibersihkan masuk ke dalam mata. Iritasi kulit juga mungkin terjadi akibat bahan kimia dalam make up yang terlalu lama menempel di kulit.

6. Kulit Kering
Bahaya tidak menghapus make up selanjutnya adalah akan membuat kulit kita menjadi kering. Kulit wajah adalah salah satu bagian kulit paling sensitif. Pada pemilik wajah berminyak, umumnya wajah akan sensitif pada kotoran yang menempel di wajah. Sedangkan pada pemilik wajah kering, wajah akan lebih sensitif terhadap sentuhan dan gesekan yang keras. Pada akhirnya kulit yang terlalu kering juga akan rentan terkena jerawat seperti kulit berminyak.

Kosmetik yang aman digunakan juga bisa berubah menjadi menjadi kosmetik berbahaya jika Anda tidak menggunakannnya dengan bijak. Jadi selain menghindari kosmetik berbahaya, pastikan juga Anda selalu membersihkan make up hingga tuntas dan tidak membawanya tidur.

Tips Membersihkan Wajah dari Make Up

Salah satu tips untuk membersihkan make up dengan cepat sebelum tidur adalah dengan menggunakan cleansing water seperti micellar water. Jenis pembersih ini memiliki klaim tidak perlu lagi dibilas dengan air. Namun, sebaiknya jangan dilakukan setiap hari terutama ketika Anda menggunakan make up yang cukup tebal. Jangan pernah juga menggunakan tisu basah untuk mengahapus make up karena tisu basah tidak dapat membersihkan make up dengan maksimal.

Proses exfoliating juga sebaiknya dilakukan secara rutin sebanyak dua kali dalam seminggu. Proses exfoliating dengan menggunakan scrub atau peeling akan membantu mengangkat sel kulit mati dan sisa-sisa make up yang tidak terangkat dengan metode cleansing biasa.