Bolehkah Minum Minuman Bersuhu Dingin di Pagi Hari?

Apakah Anda sering mengonsumsi minuman bersuhu dingin di pagi hari? Meskipun bukan merupakan kebiasaan banyak orang, namun hal ini bisa saja terjadi.

Agen Bandarq

Hal ini bisa jadi disebabkan oleh banyak faktor, bisa jadi karena kondisi udara yang memang sedang panas, atau adanya kondisi tubuh pasca baru bangun tidur yang membuat kita jadi ingin mengonsumsi minuman bersuhu dingin. Lantas, kira-kira adakah bahaya mengonsumsi minuman dingin di pagi hari?

Kondisi tubuh saat baru bangun

Sebelum memutuskan apakah Anda akan mengonsumsi minuman dingin atau tidak, penting diketahui bagaimana kondisi tubuh saat pagi hari, utamanya ketika baru bangun tidur.

Setelah tidur lebih dari 7-8 jam, tubuh kita akan berada pada kondisi yang kekurangan energi, mirip seperti saat setelah berpuasa. Hal ini tentu wajar karena energi digunakan untuk menjalankan fungsi metabolisme saat sedang tidur.

KLICK TULISAN MIRING DI SAMPING INI UNTUK MASUK KEDALAM SITUS JUDI POKER ONLINE TERPERCAYA CROWNQQ  :  AGEN BANDARQ

Hal ini kemudian membuat kondisi pencernaan setelah bangun tidur cenderung lebih sensitif karena sedang berada pada kondisi yang kosong. Untuk itu, pemilihan makanan saat awal hari haruslah dilakukan dengan tepat.

Karakterisik minuman bersuhu dingin

Minuman dingin memang menyegarkan dan kerap dipilih untuk menghilangkan rasa dahaga atau tubuh yang sedang merasa panas. Akan tetapi, minuman dingin memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilihnya, yaitu:

– Minuman memiliki suhu yang ekstrem bagi tubuh

Seperti namanya, minuman bersuhu dingin memiliki suhu yang rendah. Pakar kesehatan dan gizi Indonesia, Profesor Hardinsyah, menyebutkan bahwa minuman dingin adalah minuman yang suhunya tidak sesuai dengan suhu tubuh, yaitu sekitar 30-40 derajat celsius. Hal ini kemudian membuat konsumsi minuman dingin sama dengan membuat tubuh harus menyesuaikan suhu minuman dengan suhu tubuh terlebih dahulu. Hal ini tentu memperberat kerja metabolisme tubuh.

– Minuman termasuk mudah diserap tubuh

Berbeda dengan makanan, minuman mudah diserap tubuh. Memilih minuman dengan suhu dingin tentu secara otomatis akan memaksa tubuh menyesuaikan suhu minuman dengan lebih cepat dan berat.
Lantas, apa bahayanya jika mengonsumsi minuman di pagi hari?

Berdasarkan penjelasan di atas, beberapa kondisi yang dapat muncul jika kita mengonsumsi minuman bersuhu dingin, apapun jenis minumannya, baik teh, kopi, susu, jus buah, atau air kelapa, dapat menyebabkan:

1. Perut merasa kembung atau begah karena pencernaan masih kosong

Langsung mengonsumsi minuman bersuhu dingin di pagi hari berisiko membuat gangguan pencernaan Perut yang masih kosong dan nafsu makan yang sedang besar dapat membuat konsumsi minuman di awal hari jadi berlebihan.

Dilansir laman Doktersehat, jika pencernaan langsung terisi minuman dingin tentu akan membuat pencernaan belum siap menerima minuman bersuhu dingin hingga penyerapannya belum maksimal. Hasilnya, perut bisa jadi merasa kembung atau begah.

2. Gangguan pada perut, misalnya perut kram, karena pencernaan yang sensitif

Masalah pencernaan yang mungkin muncul, sebagai lanjutan dari dampak konsumsi minuman dingin adalah gangguan pada perut, misalnya perut merasa kurang nyaman, baik akibat kembung atau begah, hingga perut merasa kram. Hal ini disebabkan oleh kondisi pencernaan yang masih sensitif di awal hari.

3. Gangguan penyerapan zat gizi yang dapat membuat tubuh lemas

Mengonsumsi minuman dingin dipagi hari, bisa menghambat penyerapan zat gizi karena tubuh masih harus bekerja ekstra untuk menyesuaikan suhu minuman dengan suhu tubuh.

Hal ini bisa menyebabkan penyerapan zat gizi, baik yang ada pada minuman tersebut maupun dari makanan lain, semakin lama. Dampaknya tentu tubuh menjadi semakin lemas karena kebutuhan gizi awal hari tidak segera terpenuhi.